Friday 15 April 2016

DUNIA DIBAHAGIKAN KEPADA 4 GOLONGAN MANUSIA

๐ŸŒพDunia Dibahagikan Kepada Empat Golongan Manusia

✏Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda,

 ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ู„ุฃَุฑْุจَุนَุฉِ ู†َูَุฑٍ : ุนَุจْุฏٍ ุฑَุฒَู‚َู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ู…َุงู„ุงً ูˆَุนِู„ْู…ًุง ، ูَู‡ُูˆَ ูŠَุชَّู‚ِูŠ ูِูŠู‡ِ ุฑَุจَّู‡ُ ، ูˆَูŠَุตِู„ُ ูِูŠู‡ِ ุฑَุญِู…َู‡ُ ، ูˆَูŠَุนْู„َู…ُ ِู„ู„ู‡ِ ูِูŠู‡ِ ุญَู‚ًّุง ، ูَู‡َุฐَุง ุจِุฃَูْุถَู„ِ ุงู„ْู…َู†َุงุฒِู„ِ ، ูˆَุนَุจْุฏٍ ุฑَุฒَู‚َู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ุนِู„ْู…ًุง ูˆَู„َู…ْ ูŠَุฑْุฒُู‚ْู‡ُ ู…َุงู„ุงً ، ูَู‡ُูˆَ ุตَุงุฏِู‚ُ ุงู„ู†ِّูŠَّุฉِ ، ูŠَู‚ُูˆู„ُ : ู„َูˆْ ุฃَู†َّ ู„ِูŠ ู…َุงู„ุงً ู„َุนَู…ِู„ْุชُ ุจِุนَู…َู„ِ ูُู„ุงَู†ٍ ، ูَู‡ُูˆَ ุจِู†ِูŠَّุชِู‡ِ ، ูَุฃَุฌْุฑُู‡ُู…َุง ุณَูˆَุงุกٌ ، ูˆَุนَุจْุฏٍ ุฑَุฒَู‚َู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ู…َุงู„ุงً ูˆَู„َู…ْ ูŠَุฑْุฒُู‚ْู‡ُ ุนِู„ْู…ًุง ، ูَู‡ ُูˆَ ูŠَุฎْุจِุทُ ูِูŠ ู…َุงู„ِู‡ِ ุจِุบَูŠْุฑِ ุนِู„ْู…ٍ ، ู„ุงَ ูŠَุชَّู‚ِูŠ ูِูŠู‡ِ ุฑَุจَّู‡ُ ، ูˆَู„ุงَ ูŠَุตِู„ُ ูِูŠู‡ِ ุฑَุญِู…َู‡ُ ، ูˆَู„ุงَ ูŠَุนْู„َู…ُ ِู„ู„ู‡ِ ูِูŠู‡ِ ุญَู‚ًّุง ، ูَู‡َุฐَุง ุจِุฃَุฎْุจَุซِ ุงู„ْู…َู†َุงุฒِู„ِ ، ูˆَุนَุจْุฏٍ ู„َู…ْ ูŠَุฑْุฒُู‚ْู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ู…َุงู„ุงً ูˆَู„ุงَ ุนِู„ْู…ًุง ، ูَู‡ُูˆَ ูŠَู‚ُูˆู„ُ : ู„َูˆْ ุฃَู†َّ ู„ِูŠ ู…َุงู„ุงً ู„َุนَู…ِู„ْุชُ ูِูŠู‡ِ ุจِุนَู…َู„ِ ูُู„ุงَู†ٍ ، ูَู‡ُูˆَ ุจِู†ِูŠَّุชِู‡ِ ، ูَูˆِุฒْุฑُู‡ُู…َุง ุณَูˆَุงุกٌ. ุฃุฎุฑุฌู‡ ุฃุญู…ุฏ 4/231 (18194) ูˆ\"ุงู„ุชِّุฑู…ِุฐูŠ\" 2325 ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ : ( ุตุญูŠุญ ) ุงู†ุธุฑ ุญุฏูŠุซ ุฑู‚ู… : 3024 ููŠ ุตุญูŠุญ ุงู„ุฌุงู…ุน.

“Dunia telah diberikan pada empat golongan manusia:

Orang pertama, diberikan rizki harta dan ilmu oleh Allah. Ia kemudian bertakwa dengan harta tadi kepada-Nya, menjalin hubungan dengan kerabatnya, dan ia pun tahu kewajiban yang ia mesti tunaikan pada Allah. Inilah sebaik-baik kedudukan.

Orang kedua, diberikan ilmu oleh Allah namun tidak diberi rizki berupa harta oleh Allah. Akan tetapi ia punya niat yang kuat (tekad) sembari berujar, ‘Seandainya aku memiliki harta, aku akan beramal seperti si fulan.’ Orang ini akan mendapatkan yang ia niatkan. Pahalanya pun sama dengan orang yang pertama.

Orang ketiga, diberikan rizki oleh Allah berupa harta namun tidak diberikan ilmu. Ia akhirnya menyia-nyiakan hartanya tanpa dasar ilmu, ia pun tidak bertakwa dengan harta tadi pada Rabbnya dan ia juga tidak mengetahui kewajiban yang mesti ia lakukan pada Allah. Orang ini menempati sejelek-jelek kedudukan.

Orang keempat, tidak diberikan rizki oleh Allah berupa harta maupun ilmu. Dan ia pun berujar, ‘Seandainya aku memiliki harta, maka aku akan berfoya-foya dengannya.’ Orang ini akan mendapatkan yang ia niatkan. Dosanya pun sama dengan orang ketiga.” [HR. Tirmidzi no. 2325, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shohih Al-Jami' no. 3024]

No comments:

Post a Comment